10 Minuman Untuk Diet yang Paling Ampuh


Minum menjadi salah satu hal yang terpenting saat menjalankan diet. Asupan makanan harus dikurangi, tetapi minuman tetap vital untuk menjaga kesehatan agar tetap prima. Minuman apa yang sebaiknya dikonsumsi selagi diet? Mari kita simak sepuluh di antaranya.

1. Teh hijau

Teh hijau  adalah salah satu minuman tersehat yang menyimpan segudang khasiat bagi tubuh, terutama jika sedang ingin menurunkan berat badan, sebab zat bioaktif di dalamnya ampuh dalam mempercepat pembakaran lemak. Teh ini mengandung antioksidan yang dinamakan katekin, yaitu zat yang dapat mencegah kerusakan sel dan mengusir tumpukan lemak di perut. Selain itu, teh hijau baik untuk jantung dan dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam darah.

2. Madu dan jeruk nipis

Satu sendok madu mengandung 17 gram karbohidrat sehingga dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat kita tanpa mengkonsumsi kentang, nasi, atau bahan-bahan makanan lain yang tinggi kandungan karbohidratnya.  Sementara itu, jeruk nipis mengandung antioksidan yang dapat membersihkan pencernaan. Menggabungkan keduanya dapat mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh sehingga berat badan dapat cepat menyusut.

3.  Air kelapa muda

Air kelapa muda sangat baik untuk diminum saat beraktivitas fisik secara aktif, karena dapat mengembalikan energi yang hilang. Selain itu, kandungan eletrolitnya mempercepat metabolisme tubuh. Kandungan kalori, lemak dan gulanya juga rendah sehingga dapat dikonsumsi penderita diabetes dengan aman. Meminumnya setiap hari juga dapat membantu mendetoks tubuh dari racun-racun dan melancarkan pencernaan.

4. Susu skim atau susu tanpa lemak

Susu jenis ini dapat menjadi pilihan minuman di kala melakukan program diet, sebab sebagian besar lemaknya sudah dihilangkan sedangkan nutrisi di dalamnya tetap dipertahankan. Meminumnya  dapat memasuk karbohidrat dan protein yang dibutuhkan tubuh, membuat kita merasa kenyang sekaligus membantu memerangi osteoporosis berkat kandungan   kalsium dan vitamin D-nya yang cukup tinggi.

5.  Wedang jahe

Selain ampuh sebagai pereda sakit tenggorokan, jahe juga dipercaya ampuh sebagai salah satu penghancur lemak. Hal ini berkat kandungan amphetamine-nya yang berkhasiat metabolisme sampai 20 persen, sehingga makanan tercerna dengan lancar dan lemaknya tidak menumpuk. . Kalori yang terkandung dalam jahe juga amat rendah, yaitu sekitar 1 kalori per gram, sehingga tidak akan menaikkan berat badan.

6. Detox water

Detox water adalah air minum yang dicampur dengan beragam buah (misalnya, apel, jeruk nipis, stroberi, dll), sayuran (misalnya mentimun, wortel, dll.), atau rempah-rempah (contohnya kayu manis, daun mint, atau jahe) untuk membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan. Bukan rahasia lagi bahwa minum air penting untuk menjaga vitalitas tetap prima, sehingga mencampurnya dengan bahan-bahan makanan tertentu dapat melipatgandakan khasiatnya, termasuk untuk menurunkan berat badan.

7.  Jus lidah buaya

Khasiat tanaman berbentuk unik ini tidak diragukan lagi, baik sebagai obat luar ataupun dikonsumsi langsung. Daging lidah buaya yang berlendir dapat dioleskan di wajah sebagai pelembab alami. Selain itu, jika dijus dan diminum, kandungan antioksidannya dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi Indeks Massa Tubuh dengan mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi.

8. Jeruk lemon

Kandungan limonene yang terkandung pada jeruk lemon ampuh dalam menetralisir senyawa yang dapat menimbulkan kanker pada hati. Tak hanya itu, vitamin C, falavonoid, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya juga berkhasiat untuk menjaga kekebalan tubuh. Meminum jus jeruk lemon tiap pagi sepuluh menit sebelum makan dapat membantu mengecilkan lingkar pinggang.

9. Teh daun mint

Daun mint yang dapat dikonsumsi dalam bentuk teh, atau sebagai pelengkap di minuman dan masakan lain, sangat baik untuk melancarkan pencernaan dan menurunkan kolesterol jahat di dalam darah kita. Selain itu, daun mint dapat mengendurkan otot yang tegang dan menakan nafsu makan sehingga cocok untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet.

10. Jus Anggur

Selain rasanya lezat, anggur juga baik untuk dikonsumsi karena nutrisi di dalamnya yang melimpah dan kandungan kalorinya yang yang rendah dan lemaknya yang nyaris nol. Kandungan antioksidannya juga dapat memperlambat penuaan dan mengurangi risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, memakan bijinya juga bisa memperkuat retina mata dan menyembuhkan bengkak di kaki.
Tidak susah mendapatkan bahan-bahan alami di atas untuk meramu minuman pelangsing badan. Jadi, tunggu apalagi? Ayo coba dan buktikan sendiri khasiatnya!


Post a Comment

0 Comments