10 Manfaat Ubi Kayu Untuk Kesehatan Dan Cara Penggunaanya


Manfaat singkong, selain sebagai camilan juga dapat digunakan untuk campuran pembuatan obat. Ya, tanaman yang dekat dengan kita ini memiliki banyak sekai manfaat. Terutama untuk kesehatan. Di bawah ini ada 10 manfaat ubi kayu atau singkong bagi tubuh kita lengkap dengan cara penggunaanya, antara lain sebagai berikut:

1. Sebagai Pencerah Wajah

Agar wajah anda menjadi cerah, anda perlu mencoba masker alami dan sederhana ini, yang berbahan dasar singkong. Selain aman dan tanpa efek samping ini, harga singkong juga cukup terjangkau dalam mencerahkan wajah anda. caranya yaitu dengan:
  • Kupaslah singkong hingga bersih, kemudian cuci singkong tersebut.
  • Parutlah singkong yang sudah anda cuci, kemudian berikan air sedikit
  • Basuh wajah anda dengan air hangat, kemudian oleskan masker singkong, tunggu sampai mengering.
  • Kemudian bersihkan dengan air dingin, agar pori-pori anda menutup kembali.

2. Obat Sakit Maag

Sakit maag ini biasanya diakibatkan oleh, pola makan yang tidak teratur. Sehingga memicu asam lambung yang dapat menimbulkan penyakit maaag. Jika anda sudah terkena maag dengan parah, biasanya akan muntah jika anda makan sesuatu. Oleh karena itu singkong inilah yang dapat digunakan dalam mengatasi penyakit maag. Cara yang dilakukan pun cukup mudah, yaitu:
  • Kupaslah singkong kemudian cuci hingga bersih dan parut sampai halus.
  • Kupas kunyit sebesar ibu jari, cuci dan bakarlah kemudian parut.
  • Siapkan 1 butir telor ayam kampung ambilkuningya saja, ambil 2 sendok tepung beras rose brand.
  • Campur semua bahan diatas, aduk hingga rata, tambahkan madu murni.
  • Minumlah obat olahan singkong tersebut dengan rutin, setiap pagi hari.

3. Untuk Luka Baru Karena Benda Panas

Jika anda mengalami luka, akibat sesuatu dari benda yang panas. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengobatinya. Salah satunya, Anda dapat membuat ramuan dari singkong ini, caranya dengan:
  • Parut singkong sampai halus, kemudian peras dan ambil airnya.
  • Diamkan agar mengendap, kemudian tepung hasil endapannya oleskan pada bagian tubuh anda yang terluka.

4. Mencegah Sakit Anemia

Penyakit anemia ataupun yang sering kita sebut dengan penyakit kurang darah ini, dapat diatasi dengan daun singkong. Karena banyak mengandung vitamin B kompleks seprti folat, thiamin,piridoksin dan lain sebagainya.
  • Ambil bebrapa lembar daun singkong, cuci sampai bersih.
  • Kemudian rebus, dan aminumlah air rebusannya secara rutin.
  • Minimal 2 kali dalam sehari, dapat dilakukan pagi dan sore.

5. Menghilangkan Panas

Singkong yang sudah di fermentasikan disebut dengan piyem atau tape. Piyem tersebut dapat sebagai penghilang panas terutama pada balita yang akan tumbuh gigi. Cara pembuatannya adalah:
  • Kupas singkong,kemudian cuci dan rebuslah hinga masak.
  • Campurkan singkong dengan ragi (bubuk putih untuk melakukan fermentasinya) hingga merata.
  • Diamkan selama bebrapa hari hingga menjadi piyem.
  • Berikan pada anak yang sedang panas terutama pada balita yang akan tumbuh gigi.

6. Campuran Obat Penyakit Ganas

Penyakit ganas, seperti kanker dan tumor ini juga dapat diatasi dengan singkong. Sekarang banyak penggunaan singkong yang dicampurkan dengan bahan-bahan obat lainnya untuk pengobatan kanker ataupun tumor. Kandungan yang ada dalam singkong cukup efektif membantu bahan-bahan lain sebagai pelengkap penyakit gamans. Oleh karena itu, singkong sangat bermanfaat bagi penyembuhan penyakit ganas di atas. Maka tak salah jika banyak obat tradisional yang memanfaatkan tanaman ini.

7. Mengatasi Alzheimer

Kesehatan jaringan otak yang mengalami penurunan sehingga dapat memicu penyakit jantung ini biasanya disebut dengan Alzheimer. Hampir pada setiap orang yang telah memasuki masa tua biasanya mengalami penyakit ini. Terkadang bahkan ada yang sudah dimulai sejak usia masih produktif. Penyakit ini ternyata dapat diatasi dengan sering mengkonsumsi singkong. Karena singkong mengandung vitamin K yang dapat mengatasi kerusakan otak.

8. Bagus Untuk Diet

Source: TumisuJika diet anda ingin berhasil, sebaiknya anda perlu mengkonsumsi singkong sebagai pengganti nasi dan makanan lainnya yang kemungkinan dapat menggagalkan diet anda. karena singkong dapat mengganjal perut anda lebih tahan lama merasakan lapar.
  • Kupas singkong, kemudian cuci hingga bersih.
  • Rebuslah singkong tersebut hingga masak.
  • Kemudian jika setiap kali anda merasa lapar, makanlah singkong rebus tersebut.

9. Menstabilkan Tekanan Darah

Singkong yang mengandung banyak kalsium yang cukup tinggi, ini berguna dalam menstabilkan tekanan darah anda. serta memiliki komponen penting yang dapat bertindak dalam pembentukan sel tubuh. Sehingga anda tidakperlu ragu dalam mengkonsumsi singkong, karena dengan begitu tekanan darah anda akan tetap stabil dan terjaga. Namun, konsumsilah singkong tersebut sesuai dengan takaran yang dianjurkan.

10. Camilan Yang Sehat

Dengan singkong anda dapat membuatnya menjadi camilan yang menyehatkan bagi anda dan keluarga anda. cara pengolahan singkong menjadi makanan sehat ada banyak sekali tergantung anda ingin mengolahnya menjadi apa. Hal terpenting anda harus mengolah singkong tersebut sesuai dengan bahan campuran yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
Semoga bermafaat pengetahuan sederhana di atas.


Post a Comment

0 Comments