Kisah Nenek Selama 20 Tahun Bersedekah Beri Makan Semut, Ngaku Rezeki Tak Pernah Putus

Kisah Nenek Selama 20 Tahun Bersedekah Beri Makan Semut, Ngaku Rezeki Tak Pernah Putus


Kisah Nenek Selama 20 Tahun Bersedekah Beri Makan Semut, Ngaku Rezeki Tak Pernah Putus


Rezeki selalu datang karena sering memberi makan semut.

Dengan bersedekah tak akan membuatmu menjadi miskin. Prinsip itulah yang menjadi pegangan seorang nenek penjual jajanan pasar.

Sedekah tak harus berupa uang namun bisa juga dalam bentuk memberi gula merah kepada semut. Kebiasaan itulah yang dilakukan nenek tersebut selama 20 tahun terakhir. Ia bahkan meyakini dengan memberi makan semut membuat rezekinya tak pernah surut.


1. Rutin beri makanan semut

Dilansir dari Detik.com, Kamis (25/06/20), cerita sedekah yang menyentuh dilakukan seorang nenek penjual jajanan pasar. Dalam video singkat yang beredar di Twitter @RizaRidho, terlihat sang nenek menjajakan ragam jajan pasar dengan bakul dan gendongan.

Video berdurasi 2 menit 3 detik itu memperlihatkan seorang penjual jajanan pasar yang disambangi seorang pemuda yang hendak membeli dagangannya. Pemuda tersebut penasaran mengapa nenek itu meneteskan gula merah ke tanah. Jawaban nenek itu pun membuat heran.

"Maaf Mbok, saya lihat panjenengan (Anda) selalu meneteskan gula merah cair ke lantai, buat apa ya Mbok?" tanya pemuda itu.

"Buat penglaris Mas," jawab sang nenek sambil tersenyum.


2. Mendatangkan rezeki

Mendengar jawaban nenek tersebut, pemuda itu semakin heran dengan apa yang dimaksud dengan penglaris. Nenek itu lantas menjelaskan jika ia memberi makan semut dengan gula merah agar semut-semut tidak susah payah mencari makanan.

"Begini loh Mas, justru saya bagi-bagi rezeki pada semut. Setetes gula merah itu bisa kasih makan puluhan semut loh Mas. Jadi semutnya tidak usah susah-susah cari makan. Karena saya sudah bantu pakai gula merah itu," jawab nenek.

Nenek itu juga mengatakan dengan meneteskan gula merah untuk semut, ia tak merasa rugi. Justru dengan berbagi kepada semut, ia merasa rezekinya terus mengalir.

"Gusti Allah kan sudah kasih saya rezeki setiap hari Mas. Setetes gula merah kan nggak banyak dan tak bikin saya miskin. Malah dagangan saya laris loh Mas. Jadi setiap ada pembeli, saya selalu sedekah dengan setetes gula merah," kata nenek tersebut.


3. Rutin beri makan semut selama 20 tahun

Nenek itu mengaku sudah sering memberikan makanan semut. Menurutnya, dengan setetes gula merah, ia bisa memberi makan kepada puluhan semut. Hal sepele tersebut dinilai sangat membantu kawanan semut.

"Buat kita mungkin (setetes gula merah) cuma di ujung lidah saja, tapi buat semut kan bisa untuk puluhan perut," tuturnya.

Nenek itu berjualan sejak pukul 05.30 WIB hingga dagangannya selalu habis sebelum pukul 09.00 WIB. Dengan memberi makan semut selama 20 tahun terakhir, nenek itu merasa rezekinya tak pernah putus.

"Alhamdulilah rezekinya tak putus-putus loh Mas. Kemarin saya juga pulang umrah loh Mas. Alhamdulillah anak saya lulusan Universitas Indonesia. Dia yang berangkatkan saya umrah," imbuhnya.



Siapa sangka ternyata hal sepele seperti memberi makan semut bisa mendatangkan rezeki. Semoga aksi dari nenek penjual jajanan pasar itu bisa menjadi contoh untuk kita semua.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments