Cara Menghilangkan Jendela PopUp Update Avira

Cara Menghilangkan Jendela PopUp Update Avira


Cara Menghilangkan Jendela PopUp Update Avira yang Menyebalkan dan Sangat Mengganggu


Inovasi Avira dalam meminta user untuk update versi memang luar biasa. Luar biasa menyebalkan maksudnya.

Hei bro, selamat malam! Sudah makan? Kalau belum minta disuapin aja sama dek Cut Meyriska.

Kali ini saya pengen sedikit share soal cara menghilangkan jendela popup update avira yang sering nongol di versi terbarunya. Kamu yang instal versi terbaru dari avira pasti tahu dan sering melihat popup ini. Maksudnya sih baik sebenarnya, meminta kita untuk update. Dan lagipula, kita sudah menginstall-nya secara gratis, bukan? Tapi tetap saja, di saat-saat genting, kemudian muncul popup itu, pasti akan membuat darah kita naik ke ubun-ubun.

Supaya lebih jelas, lihat aja gambar di bawah ini:


Stay safe, okay?

Nah, keliatan bukan? Bukan sekedar tampilannya yang mengganggu konsentrasi kita, tapi juga posisinya yang terletak di pojok kanan bawah itu. Mengapa? Karena secara UX, banyak aplikasi yang menaruh tombol aksi (action button)nya di daerah kanan. Konon, secara psikologis, memang orang akan lebih nyaman menekan tombol di daerah kanan, karena seringnya mouse pun berada di sebelah kanan keyboard.

Jadi akibatnya apa? Banyak tombol yang tidak bisa kita pencet gara-gara ketutupan sama popupnya si avira ini. Menyedihkan bukan?

Lah, susah amat sih? Kan tinggal tekan tomblo close aja, urusan selesai.

DI sinilah masalahnya. Ketika kita tekan tombol close, si popup ini sama sekali tidak mau bergerak. Konten di dalamnya hilang sih iya, tapi jendela popupnya tetep nutupin layar. Bisa dibayangkan betapa menyebalkannya? Justru avira di sini terlihat seperti virus bukan?

Seperti yang saya bilang di awal, menyebalkan.
Cara Menghilangkan Jendela Popup Update Avira

Untungnya, dunia internet itu ajaib. Seperti kata Habibie, ada fakta, ada masalah, dan selalu ada solusi.

fakta: Avira yang kita install sering memunculkan jendela popup update

masalah: jendelanya menutupi layar dan tidak bisa diclose.

Solusi: Blog saya ini, hehehe.

Jadi apa solusi yang bisa saya tawarkan? Ada 2 cara yang sejauh ini sudah saya coba, nanti kalau kurang, bolehlah ditambahin di kolom komentar, haha.
A. Cara Menghilangkan Jendela PopUp Update Avira: buka aplikasi snipping tools

Yang ini murni keberuntungan sih. Jadi pekerjaan saya sebagai implementer ERP seringkali memaksa saya untuk sering membuka aplikasi snipping tools. Aplikasi ini berfungsi seperti capture screen atau tombol print screen di keyboard. Bedanya, di aplikasi ini langsung bisa kita save tanpa perlu mempaste ke aplikasi lain seperti paint, corel draw dan lain-lain.

Nah, saat saya iseng buka aplikasi snipping tools yang kebetulan waktu itu pop up update aviranya muncul, boom! Ternyata pop upnya malah ilang. Asyik banget.

Nggak asyik juga ding, soalnya waktu saya buka snipping tools waktu itu, tujuannya adalah untuk bikin capture tampilan pop up avira.
B. Cara Menghilangkan Jendela PopUp Update Avira: matikan sumbernya

Nah, cara yang kedua ini bisa dibilang adalah cara yang lebih nyeni. Karena kita benar-benar mematikan sumbernya saat itu juga. Bagaimanakah itu?

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Windows Explorer –> C:(atau drive manapun tempat kita menyimpan Avira) –> program files –> avira –> antivir desktop

Nah, kalau sudah sampai di folder tersebut, yang perlu kita lakukan berikutnya adalah mencari file ipmgui.exe

Konon, itu merupakan file aplikasi untuk memunculkan popup laknat tersebut.

Nih persisnya:


yang saya lingkari merah itulah tersangkanya

Nah, terus file kampret tersebut kita apakan? Saya sih memilih untuk mengkliknya dua kali (seperti kalau kita menjalankan aplikasi biasanya). Saat file itu saya klik, maka otomatis jendela popup durjana itu akan hilang juga.

Tapi beberapa sumber lain dari internet menyebutkan kita bisa mendelete file tersebut untuk melenyapkan popup keturunan iblis ini selama-lamanya. Sayang, untuk yang itu saya belum coba.


Mungkin kamu bisa coba delete terus share hasilnya di comment box, bro? Haha.

Cheers.


Buka juga :

Post a Comment

0 Comments