Anda publisher adsense pemula seperti saya? Kebanyakan publisher pemula akan bertanya tanya tentang jenis-jenis iklan google adsense. Tapi kebanyakan sudah tidak asing dengan jenis iklan text, banner dan in feeds. Ada jenis iklan yang tidak terdapat diakun baru, tentu anda pernah melihat iklan jenis ini. Dimana biasanya iklannya berupa artikel dengan tampilan seperti relate post yang pada umumnya terletak diakhir postingan. Iklan google adsense seperti related post ini disebit Match Content atau artikel terkait. Tujuan google adsense memberikan iklan jenis match conten yaitu untuk meningkatkan jumlah page view blog.
Setiap publisher adsense pasti ingin mendapatkan uang jutaan rupiah dari google adsense. Namun untuk mewujudkan impian tersebit tentu membutuhkan kerja keras dan mengorbankan wakti yang cukup melelahkan. Terlebih jika baru mengenal blog, anda harus belajar ilmu dasar blog, membangun blog, membuat artikel siang dan malam, mwndaftarkan blog ke google adsense, mengalami penolakan, hingga akhirnya diterima google adsense. Ketika kita sudah diterima pun bukan berarti akan sukses, masih butuh perjuangan agar bisa menghasilkan banyak dolar dari google adsense.
Pada pembahasan kali ini akan saya kupas Apa itu match content? Bagaimana cara mendapatkan match content google adsense? Bagaimana cara menempatkan iklan match content yang bagus? Match content merupakan sebuah artikel blog yang ditampilkan secara acak oleh google adsense. Fungsinya sama seperti related poat, yaitu untuk meningkatkan pageview agar pengunjung semakin betah berselancar didalam blog.
Bagaimana cara mendapatkan match content ?
Setelah saya perhatikan setiap blog yang pernah saya kunjungi, ternyata tidak semua blog yang ada iklan adsense memiliki match content. Setelah saya cari tahu, yaitu mulai dari melihat jumlah visitor, banyaknya traffik, serta nilai alexa ternyata semuanya berbeda-beda. Ada yang memiliki banyak artikel tapi belum mendapatkan match content, ada yang memiliki banyak visitor juga belum mendapatkan match content. Apa saja syarat agar mendapatkan match content? Lantas bagaimana dengan blog punakawanku yang sudahmendapatkan match content?
1. Rutin menerbitkan artikel.
Lagi-lagi harus rutin update artikel. Entah itu demi mendapatkan banyak visitor, merampingkan nilai alexa, agar diterima google adsense. Mengapa semuanya harus rutin update artikel? Sudah jadi pembahasan umum ya, kalau konten memang nyawa dari sebuah blog. Tapi untuk bisa mendapatkan match content memang harus rajin dan rutin menerbitkan artikel. Ini akan berhubungan langsung dengan jumlah artikel yang anda miliki. Jangan sampai blog yang usianya tahunan, tapi artikel masih dibawah 100. Idealmya adalah, 100 artikel bisa dicapai 5 bulanan. Karena iklan match content tidak menampilkan iklan, tapi menampilkan artikel blog secara random. Kalau arrikelnya sedikit, apa yang ditampilkan di match content?
2. Jumlah Artikel
Jika anda sering update artikel, tentu akan berdampak bagus untuk blog. Bagusnya adalah blog memiliki banyak konten. Nah, setelah saya baca-bacaberapakah jumlah artikel blog agar bisa mendapatkan match konten?Kebanyakan menjawab 200 keatas. Banyak banget kan? Tapi bagaimana dengan blog punakawanku? Artikel ini merupakan yang ke 136. Jadi saya mendapatkan match content artikel sekitar 130an. Jika anda tidak rutin update artikel, tidak menutup kemungkinan sampai 200 artikel belum tentu mendapatkan match content. Ini bukan pengalaman saya saja, dari teman saya mas umraici admin areakost juga sekitar 130an dan rutin update artikel. Karena ingat bahwa tujuannya dari iklan match content adalah meningkatkan pageview, melihat publishernya sering update artikel maka adsense membantu meningkatkan pageview melalui match content.
3. Bounce rate atau perbandingan pengunjung dengan pageview
Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan blog setelah hanya membuka satu halaman saja. Untuk bisa difasilitasi adsense dengan iklan match content maka nilai bounce rate harus bagus. Karena bounce rate bisa dijadikan tolak ukur artikel blog anda bagus atau tidak. Katakanlah begini, jika ada 1 pengunjung dari google, kemudian setelah selesai membaca tidak tertarik dengan artikel lainnya maka ada yang bermasalah dengan kualitas konten. Berbeda jika ada 1 pengunjung tapi telah membaca 10 artikel. Berarti konten blog anda berkualitas. Melihat konten berkualitas dan perilaku pengunjung seperti inlah google adsense memfasilitasi publishernya dengan iklan match content, dengan harapan jumlah pageview lebih banyak lagi. Sehingga kesempatan iklan mendapatkan klik tertarget semakin besar. Saat mendapatkan match content, blog punakawanku memiliki visitor 400an dengan pageview sekitar 1000an.
Untuk menghindari bounce rate yang jelek, hindari saling bw dan komen dengan menyebar link saling bw ke grup facebook. Terlebih jika blog anda masih minim pengunjung. Sudah dipastikan 1 pengunjung hanya akan membuka artikel yang anda request untuk di bw.
4. Iklan di optimasi dengan baik.
Dalam halaman resminya, google menyebutkan jika ingin mendapatkan fitur iklan match content maka iklan harus di optimasi dengan baik. Dioptimasi disini bukan berarti menempatkan iklan sebanyak-banyaknya didalam blog. Meskipun sudah tidak ada pembatasan pemasangan jumlah unit iklan, tetapi cara ini tidak berdampak bahkan akan membuat loading blog berat. Di optimasi diaini adalah bereksperimen dengan letak iklan dan ukuran iklan. Untuk eksperimen peletakan iklan seperti blog punakawanku bisa menjadi referensi. Yaitu di bawah judul, tengah artikel, akhir artikel berukuran responsif. Kemudian dibagian sidebar iklan banner ukuran 300x600. Untuk yang tengah artikel adalah iklan in feeds ads. Kemudian di sidebar bawah dekat label saya pasangi iklan tautan adsense.
Lalu bagaimana dengan traffik blog? Apakah untuk mendapatkan match content harus memiliki traffik blog yang tinggi?
TIDAK, dari dua blog yaitu blog punakawanku dan teman saya traffiknya berbeda. Teman saya traffiknya memang sudah ribuan, tapi traffik blog punakawanku masih jauh dibawahnya. Ini berarti traffik tidak berpengaruh. Yang penting adalah perilaku pengunjung tadi, jika satu pengunjung organik mampu menghasilkan 10pv bahkan lebih, google adsense akan segera memfasilitasi anda dengan match content agar pengalaman pengunjung semakin puas.
Seberapa besar pengaruh match content terhadap penghasilan google adsense?
Kalau untuk yang satu ini saya katakan kondisional. Tergantung niche dan relevan atau tidaknya iklan dengan pengunjung. Tapi dengan adanya fitur iklan match content google sendiri berharap penghasilan publishernya meningkat.
Pemberitahuan saat blog punakawanku mendapatkan match content
Pada saat blog kita mendapatkan match content, maka akan ada pemberitahuan pada dashboard adsense tepat dibawah laporan penghasilan. Lebih tepatnya seperti gambar dibawah ini...
Bagaimana dengan anda? Ingin segera mendapatkan match content google adsense? Saran saya selalu sama, selamat bereksperimen dengan google adsense. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar jika dirasa masih ada yang kurang dimengerti.
0 Comments